WASPADA TRANSAKSI NARKOBA DI MEDSOS VIA OJEK ONLINE


GAMBAR ILUSTRASI

Modus pengedaran narkoba "Jaman Now" sudah semakin beraneka ragam. Banyak pemasok/Pengedar yang memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya dan menfaatkan jasa ojek/kurir Online untuk mengantarkan barangnya kepada pembeli. 

Pengedar narkoba lebih suka memanfaatkan  media sosial dan layanan ojek berbasis aplikasi atau online dengan mengemas barang terlarangnya bersama barang lain atau dikemas seperti sebuah dokumen.

Banyak pengedar narkoba meninggalkan cara jual-beli konvensional. Para bandar baru mau melayani pesanan saat mereka sudah menerima uang transfer, dan mengutus orang lain untuk mengantar narkoba kepada pemesan.

Dalam hal ini, yang akan menjadi kambing hitam adalah pihak Ojek/Kurir Online yang mengantarkan barang haram tersebut. Apabila tertangkap tangan oleh petugas, si Kurirlah yang akan bertanggungjawab atas barang bawaannya tersebut. Sebab, si pengirim dan si penerima biasanya menggunakan alamat yang fiktif. 

Karena kemajuan teknologi dewasa ini mendukung banyaknya masyarakat yang mencari peluang mata pencarian dengan menjadi ojek/kurir online,Oleh karena itu BNN menghimbau untuk lebih berhati-hati dalam bertransaksi terkait barang yang akan di bawa. (Senli HR)