Keluarga Pondasi Utama Cegah Narkoba





Lingkungan memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian seseorang,khususnya lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga adalah sebuah awal kehidupan bagi setiap manusia. Dikarenakan bahwa pentingnya pengaruh keluarga dalam pendidikan anak dalam beberapa masalah seperti masalah aqidah, budaya, norma, emosional dan sebaginya. Keluarga menyiapkan sarana pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak sejak dini. Dengan kata lain kepribadian anak tergantung pada pemikiran dan perlakuan kedua orang tua dan lingkungannya dan tidak lepas dengan etika dan penyampaian sesuatu dari kedua orang tua tersebut.

Ayah dan ibu adalah teladan pertama bagi pembentukan pribadi seseorang. Keyakinan-keyakinan, pemikiran dan perilaku ayah dan ibu dengan sendirinya memiliki pengaruh yang sangat dalam terhadap pemikiran dan perilaku anak. Karena kepribadian manusia muncul berupa lukisan-lukisan pada berbagai ragam situasi dan kondisi dalam lingkungan keluarga, seperti halnya dengan pencegahan narkoba yang sangat strategis ababila diemban keluarga.

Peran kedua orang tua dalam mewujudkan kepribadian seseorang terbebas dari ancaman narkoba sangatlah efektif. Pencegahan penyalahgunaan narkoba seharusnya dimulai dalam keluarga. Keluarga yang sejahtera dengan penuh kasih sayang, sebetulnya sudah melaksanakan pencegahan. Anak-anak yang tumbuh dengan kasih sayang dan rasa aman, kemungkinan besar tidak akan menyalahgunakan narkoba.(Senli HR)