Bagaimana Sih Mengenali Ciri Pecandu Ganja?





Ganja merupakan salah satu jenis Narkoba yang paling banyak disalahgunakan di Indonesia. Iklim negara kita sangat cocok dengan pertumbuhan komoditas tanaman bergerigi ini terutama di Aceh dan Sumatra Utara sehingga tidak begitu sulit untuk mencarinya, namun siapa sangka di Sulawesi pun tanaman ganja juga bisa ditanam. Hal ini terungkap ketika pihak kepolisian mengrebek sebuah ladang ganja seluas 1,5 hektar  di Desa Tino, Kecamatan Tarowang, Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) di tengah kebun jagung milik warga setempat.

Lalu, bagaimana kita bisa mengenali pecandu ganja? orang awam terutama pelajar, tak mudah untuk mengetahui ciri-ciri pengguna narkoba golongan I tersebut. Padahal dengan mengetahui ciri-cirinya, antisipasi dini bisa dilakukan yakni dengan membatasi pergaulan dengan orang-orang yang menjadi penyalahguna Narkoba itu.

Penyalahguna Narkoba jenis ganja umumnya menjadi depresi dan berhalusinasi. Hal ini sesuai dengan efek THC yang dikandung ganja yakni mempunyai sebagai depresan juga halusinogen.

Pecandu ganja umumnya terlihat seperti orang depresi dengan ciri muka yang selalu mengantuk, suka menyendiri, anti sosial, tak peduli dengan penpilan dan jalan sempoyongan. Biasanya terjadi perubahan sifat yang drastis misalnya saja selama ini ramah, tiba-tiba menarik diri dari pergaulan.

Pada orang dengan kondisi sudah kecanduan berat, efek yang ditimbulkan THC menjadi lebih parah yakni sering berhalusinasi. Jika tidak dilakukan penanganan secara tepat yakni direhabilitasi maka si pencadu bisa mengalami gangguan jiwa. Karena itu, sebelum terlambat sebaiknya penyalahguna ganja dibawa ke Balai Rehabilitasi agar bisa dipulihkan.(Senli HR)