PENDIDIKAN AGAMA LINDUNGI ANAK DARI NARKOBA



Setiap anak merupakan amanah sekaligus sebuah harapan masa depan yang lebih baik, karena itulah semua orang tua pasti sangat menyayangi dan menginginkan kesuksesan bagi anaknya dengan memberikan segalanya dengan beragam cara dan pengorbanan, diantaranya memberikan pendidikan agama dan perhatian terbaik dalam lingkungan keluarga agar mereka tumbuh baik sesuai harapan, terhindar dari pergaulan bebas, kenakalan remaja, narkoba dan sebagainya.
Penanaman pemahaman pendidikan agamayang didukung pemberian perhatian orang tua terhadap anak dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas secara lahir dan batin yang akan menjadi asset penting untuk kemajuan bangsa dan negara dimasa depan, karena dengan pedoman pendidikan agama yang kuat dan perhatian orangtua yang cukup mampu menciptakan karakter pribadi yang kuat, teguh, baik dan benar sehingga mampu melakukan tugas dan tanggung jawab secara profesional disegala bidang dan bermanfaat bagi semua pihak.
Pendidikan agama adalah bekal penting mendasar sebagai hidup menjalani proses kehidupan ini sesuai tuntunan agama untuk berada dijalan yang benar, tidak mudah terkontaminasi lingkungan yang tidak baik, bermoral tinggi, berkualitas, berprilaku baik dalam bersosial, teguh, jujur dan peka terhadap segala hal disekitar.
Karena sejatinya,pendidikan agama menanamkan nilai-nilai mulia dan moral yang mempengaruhi perkembangan jiwa raga dan sikapnya menjalani beragam masalah, mampu menghindari perbuatan yang merusak/ merugikan, tidak bertanggung jawab, pergaulan bebas, kenakalan atau lari dari masalah dengan menyalahgunakan pemakaian narkoba.
Pendidikan agama menuntun pengikutnya agar hidup dalam aturan yang dibuat oleh sang Maha pencipta, dengan beragama manusia dapat menjalani hidup penuh ketaatan agar sukses dunia dan akherat. Beberapa ayat dalam Al qur’an menjelaskan bahwa : “Dan Barang siapa yang mengikuti petunjuk-KU, niscaya tidak ada kekuatiran atas mereka dan tidak pula mereka bersedih hati” (QS. Albaqoroh(2) : 38). “Barang siapa taat pada Allah dan rasulNya, takut pada allah dan bertaqwa kepadaNya maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan”
(QS. AnNur (24) : 52), “ Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian dari mereka adalah penolong bagi sebagian yang lain, mereka menyuruh mengerjakan yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar,mendirikan sholat, menunaikan zakat dan mereka taat kepada allah dan rasulNya, mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah”(QS.AtTaubah (9) : 71).
Hadist dalam riwayat imam Abu Hurairah Radiyallahu Anhu telah mengemukakan bahwa Rasulullah Muhammad SAW bersabda “Agama adalah nasihat”, pernyataan tersebut beliau ulangi sampai 3 kali, lalu sahabat bertanya “bagi siapa ya rasulullah?”, “Agama adalah nasihat bagi pemimpin kaum muslimin dan juga kaum awam dikalangan mereka”jawab rasulullah (Mohamad Baharun, 2015 : 157). Pengertian hadist tersebut adalah agama mengatur segala hal yang menuntun kejalan benar, memberi solusi terbaik untuk setiap masalah, maka dengan menjalankan aturan agama akan menjadikan kita sebagai manusia sejati sesuai amanah, tugas dan tanggung jawab.