UNTUK PELAYANAN PUBLIK YANG BAIK ASN HARUS BEBAS DARI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA







  
Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia belum lama ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) terkait dengan kerja sama pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) yang  dilaksanakan pada tanggal 8 mei 2017. Mou  ini dilakukan untuk memaksimalkan pencegahan penggunaan narkoba di lingkungan aparatur
Sipil negara (ASN).

Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Buwas) mengatakan penandatanganan MoU ini merupakan bentuk komitmen pemberantasan narkotika dilingkungan ASN.
"ASN merupakan tombak dalam penyelenggaraan pelayanan publik, SDM ASN mempunyai peran dalam keberhasilan pembangunan di Indonesia," ujar Buwas di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Senin (8/5/2017). Seperti yang diberitakan oleh detik.com

Ada 6 poin MoU yang ditandatangani Kepala BNN RI dan Menteri PAN-RB Asman Abnur sekitar pukul 08.40 WIB, yakni:

1.       Penyebarluasan informasi tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).
2.       Peningkatan peran serta pihak pertama sebagai penggiat anti-narkoba.
3.       Partisipasi aktif seluruh pemangku kebijakan di bidang aparatur sipil negara (ASN), baik pusat maupun daerah, untuk melaksanakan program P4GN.
4.       Peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik dalam rangka P4GN.
5.       Pelaksanaan tes uji narkoba bagi calon pegawai dan pegawai ASN di seluruh Indonesia.
6.       Pertukaran data dan informasi terkait upaya P4GN. 

Ke 6 point ini tentunya harus menjadi komitmen bersama baik pusat maupun daerah dalam mengatasi penyalahgunaan narkotika dikalangan ASN diseluruh Indonesia, khususnya diwilayah kota Palu melihat dari apa yang sudah dilakukan perlu adanya peningkatan peran serta pemerintah dalam upaya P4GN agar ASN yang ada dapat menghasilkan kinerja yang baik dalam pembangunan daerahdikarenakantidak tersentuh kedalam pusaran penyalahgunaan narkoba yang mematikankarir ASN itu sendiri bahkan jiwa mereka. #stopnarkoba (yaminpatra)