PERAN MEDIA DALAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA

 
Media sebagai alat komunikasi memegang peranan yang penting dan strategis dalam menyampaikan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat. Setiap media memiliki karakteristik dan sasaran audience yang berbeda-beda, karakteristik ini memberikan peluang besar untuk menanamkan informasi kepada setiap audiencenya. Informasi yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba misalnya, dengan mudah dapat diakses melaui media, baik media konvensional seperti media massa maupun media baru yang berbasis teknologi infomasi dan komunikasi. Apa yang  diperoleh dari media merupakan wahana edukasi (pemberalajaran) yang potensial  dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan pribadi dan masyarakat umum, sehingga media menjadi wahana edukasi publik yang efektif.
Melalui media bisa dikembangkan materi - materi yang mengandung pembelajaran individu dan sosial yang akan mencerdaskan masyarakat. Di bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), media komunikasi  juga digunakan sebagai wahana penyebarluasan informasi dan edukasi. Dengan dukungan teknologi komunikasi dan informasi tersebut, dapat dimanfaatkan sebagai wahana interaksi antar warga. Adapun Peran serta media massa dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah sebagai berikut :
1. Memberi Informasi Kepada Masyarakat secara benar dan akurat
Informasi yang disampaikan mengenai situasi permasalahan narkoba, antara lain meliputi jenis-jenis narkoba apa yang banyak disalahgunakan, Siapa yang menggunakannya, mengapa mereka menyalahgunakannya, Apa pengaruh buruk dan bahaya narkoba bagi kesehatan, sosial, dan material penggunanya.
2. Memberi keterangan mengeani isu-isu
Media massa dapat membantu memberi keterangan tentang isu-isu yang berkaitan dengan masalah narkoba. Laporan khusus di surat kabat, radio dan televisi dapat memberi keterangan pada masyarakat mengenai kaitan antara narkoba dan kemiskinan, narkoba dengan kekerasan dan masalah kriminalitas.
3. Berperan aktif dalam kampanye advokasi gaya hidup sehat tanpa narkoba
Media massa membantu masyarakat tentang informasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba, misalnya penggunaan obat-obatan yang tidak tepat sehingga bisa menyebabkan penyakit bahkan kematian dan juga pengaruh buruk dan akibatnya bagi keluarga, tempat kerja dan masyarakat.
4. Mempromosikan sikap menolak terhadap penyalahgunaan narkoba
Media massa melalui pengiriman tanda-tanda dan pesan-pesan para penonton , pembaca maupun pendengar bahwa penyalahgunaan narkoba sangat membahayakan bagi kehidupan individu dan masyarakat sehingga tidak akan dibiarkan dimasyarakat yang mengutamakan kesehatan, kehidupan, kedamaian dan ketentraman.
5. Menciptakan rasa anti terhadap kriminalitas dan kekerasan yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba
Melalui penulisan tentang kebenaran dan kenyataan tenang situasi kriminalitas yang mengerikan berkaitan dengan masalah narkoba, media massa dapat menimbulkan rasa marah (outrage) melawan kriminalitas yang dibuat oleh orang-orang yang terpengaruh narkoba.
6. Menulis tentang contoh orang yang sukses tetapi bebas narkoba
Orang-orang yang berhasil tanpa narkoba perlu di played up. Media massa juga dapat memberi perhatian pada tokoh-tokoh masyarakat, para kepala sekolah dan guru yang peduli berdedikasi tinggi dan bekerja keras untuk menjaga masyarakat dari masalah penyalahgunaan narkoba.