PENDIDIKAN KELUARGA EFEKTIF CEGAH ANAK DARI PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Saat ini peredaran narkoba sudah sangat mengkwatirkan bangsa ini, bahkan seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapatkan barang haram tersebut dari orang-orang yang ingin melihat bangsa ini hancur karena rusaknya generasi muda oleh candu narkoba.

Upaya pencegahan, pemberdayaan dan pemberantasan narkoba sering dilakukan namun hal ini tidak menyurutkan bandar narkoba untuk terus menjerumuskan generasi muda kedalam penyalahgunaan narkoba baik itu kepada remaja maupun anak-anak SD dan SMP. Melihat hal ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada mereka yaitu dengan pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan mampu mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjahui narkoba.

Menurut kesepakatan Convention on the rights of the child (CRC) yang juga disepakati indonesia pada tahun 1989, setiap anak berhak mendapatkan informasi kesehatan reproduksi ( termasuk HIV/AIDS dan Narkoba ) dan dilindungi secara fisik maupun mental. Namun realita yang terjadi saat ini bertentangan dengan kesepakatan tersebut, sudah ditemukan anak usia 7 tahun sudah ada yang mengkonsumsi narkoba jenis inhalann (uap yang dihirup). Anak usia 8 tahun sudah memakai ganja, heroin, morfin, ekstasi (riset BNN).Hal ini semakin menegaskan bahwa perlindungan terhadapa anak dari bahaya narkoba masih belum cukup efektif.

Narkoba adalah isu yang kritis dan rumit yang tidak bisa diselesaikan oleh BNN saja, perlu sinegitas dari semua pihak baik itu masyarakat maupun pemerintah, karena narkoba bukan hanya masalah individu melainkan masalah bersama yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Anak-anak membutuhkan informasi, strategi, dan kemampuan untuk mencegah mereka dari bahaya narkoba dan juga mengurangi dampak narkoba pemakaian oleh orang lain. Salah satu upaya penanggulangan bahaya narkoba adalah dengan melakukan KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) pada keluarga agar para orang tua mampu memberikan pencerahan bahaya narkoba pada anak-anak mereka secara dini. #stopnarkoba (yaminpatra).