Siswa Sering Terlambat dan Bolos Rawan Penyalahgunaan Narkoba

 Palu-- Kegiatan sosalisasi P4GN pada SMK Binda Potensi yang difasilitasi oleh Puskesmas Mabelopura Palu. 



Generasi muda sangat rawan penyalahgunaan narkoba, biasanya siswa-siswa yang sering terlambat masuk kelas, bolos sekolah dan sering mengantuk adalah indikasi mereka menyalahgunakan narkoba dan merupakan kelompok yang rawan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BNN Kota Palu, Sumantri Sudirman, SH., yang diwakili oleh tim penyuluh  disela-sela kegiatan Informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Bagi Pelajar yang Berisiko Melalui Sosialisasi di SMK Bina Potensi, yang dihadiri 30 orang siswa dan didampingi 2 orang guru bertempat di ruang serbaguna sekolah tersebut.
Sumantri juga mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya BNN Kota Palu memaksimalkan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di kalangan pelajar, salah satu strategi yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi dengan siswa-siswi yang rentan ataupun beresiko terhadap penyalahgunaan narkoba.
“Mungkin siswa-siswi sudah sering dengar tentang akibat narkoba, tetapi bukan berarti mereka sudah aman dari narkoba karena ancaman dapat datang sewaktu-waktu. Dan mungkin siapa tahu ada saudara, orang tua, teman atau lingkungannya terlibat penyalahgunaan narkoba, kita bisa mencari solusinya bersama-sama” ungkapnya.
Kegiatan sosialisasi tersebut juga di sambut antusias oleh sekolah, hal ini terlihat dari ada beberapa guru yang serius mengikuti dan mendengarkan sosialisasi dari awal hingga akhir. Informasi yang disampaikan oleh tim penyuluh BNN Kota Palu banyak memberikan para guru pemahaman mengenai ciri siswa yang rentan terhadap penyalahgunaan narkoba seperti anak-anak yang sering tidur dikelas, terlambat, bolos dan juga tidak masuk sekolah tanpa keterangan. (Sn/BNNKota Palu)