Diseminasi informasi P4GN dilingkungan Universitas



PALU  - Universitas Alkhairaat (UNISA)  melaksanakan Orientasi Pengembangan dan Pengenalan Kampus (OSPEK) Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 dengan mengundang Badan Narkotika Nasional Kota Palu  sebagai narasumber sosialisasi bahaya narkoba. Kegiatan yang di ikuti 90 mahasiswa baru fakultas ekomoni tersebut di selenggarakan di Aula Gedung Kampus Alkhairat. 
Kepala BNN Kota Palu  AKBP Sumantri Sudirman, SH.  Melalui Tim Penyuluh BNN Kota Palu  menyampaikan materi terkait pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) dengan menjabarkan pula penggolongan jenis-jenis narkotik, ciri-ciri,serta dampak dari penyalahgunaan narkoba.  Tim Penyuluh BNN Kota Palu memaparkan bahwa korban penyalahgunaan narkoba dapat dicegah dan direhabilitasi. Karena itu, untuk menyelamatkan para pecandu yang menjadi korban dari peredaran gelap narkoba dibutuhkan dukungan dari semua pihak.  Terutama dari kalangan mahasiswa di kota besar yang merupakan target dan sasaran dalam peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Hal ini menjadi renungan kita semua untuk saling bekerja sama dalam membentengi dan menyelamatkan kampus dari bahaya ancaman penyalahgunaan narkotika. Untuk mewujudkan lingkungan kampus yang immune terhadap penyalahgunaan narkotika tersebut  tidak saja menjadi tanggung jawab mahasiswa tetapi juga membutuhkan peran aktif dari masyarakat dilingkungan sekitar kampus seperti dosen, staf akademik, dekan, rektor dan lain sebagainya. 
Kampus adalah tempat untuk menggembleng generasi penerus bangsa yang cerdas kaya pengetahuan dan disiplin tinggi sehingga merupakan hal yang wajar jika cita-cita mulia untuk kepentingan bangsa dan Negara itu mendapat perhatian yang serius demi menyelamatkan mahasiswa dari pengaruh dan bahaya narkotika.  Sebab, dari berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya penyalahgunaan narkoba pada seseorang, sangat berkaitan dengan adanya interaksi serangkaian faktor resiko dan faktor pelindung yang terdapat pada individu itu sendiri seperti misalnya: keadaan keluarga/ruamh, teman sebaya, lingkungan sekolah, lingkungan sekitar, dan lingkungan masyarakt itu sendiri. (Aj/BNNKotaPalu)