Majelis Ta'Lim Al-mawaddah diberi Sosialisasi IPWL

Palu -- Kepala BNN Kota Palu yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Seksi Pencegahan memberikan sosialisasi mengenai upaya tindakan pertolongan terhadap pecandu narkoba oleh pihak keluarga. Drs.Tamrin B., menyampaikan bahwa, keluarga adalah orang terdekat dengan pecandu, oleh sebab itu pihak keluarga harus mau memberikan pertolongan pada pecandu dengan cara membawa mereka untuk melapor ke IPWL. Dengan melaporkan pecandu narkoba ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) terdekat, keluarga telah membantu pecandu untuk memulai penyembuhan bukan untuk dipenjara.

Pihak keluarga tidak perlu khawatir mengenai proses hukum, sebab pecandu narkoba telah dilindungi oleh UU No.35 Tahun 2009. Bagi korban penyalahguna Narkotika, Pecandu Narkotika yang belum cukup umur yang sudah dilaporkan oleh orang tua / wali, untuk mendapat rehabilitasi medis dan sosial; dan bagi Pecandu Narkotika yang sudah cukup umur, selama 2 (dua) kali perawatan dokter di lembaga rehabilitasi Medis yang ditunjuk pemerintah, kesemuanya tidak dituntut pidana, tetapi diwajibkan menjalani rehabilitasi Medis dan sosial. 


Sebaliknya, bagi keluarga pecandu yang tidak melaporkan anggota kelurganya yang menjadi Pecandu Narkotika diancam hukuman penjara maksimal 3 bulan dan denda Rp. 1.000.000,- sebagaiman termaktub dalam UU No. 22 Tahun 1997  Tentang Narkotika. "Oleh karena itu, partisipasi dari masyarakat, keluarga dan orantua adalah cara yang efektif untuk menolong korban Narkoba" ujar Tamrin di hadapan Majelis Ta'lim Al-Mawaddah Kelurahan Laswani yang berjumlah kurang lebih 25 orang tersebut.