Bebas Narkoba: Karyawan SPACEBAR Tidak Takut Dites Urine



Palu – Karyawan SPACEBAR, pada Rabu (17/09) diberikan desiminasi informasi mengenai berbagai jenis narkoba dan bahaya penggunaannya. Tidak hanya itu, karyawan yang sebagian besar didominasi oleh kaum pria tersebut juga ikut menjalani rangkaian tes urine yang dilaksanakan di dalam gedung SPACEBAR.

Pada siang itu, Kepala BNN Kota Palu beserta rombongan disambut ramah oleh Manager SPACEBAR,  Asrul, disalah satu ruangan private gedung tersebut. AKBP Sumantri Sudirman, SH. Mengungkapkan bahwa kunjungan BNN Kota Palu ke SPACEBAR adalah salah satu bentuk kepedulian BNN dalam meminimalisir segala bentuk penyalahgunaan narkoba di lingkungan internal SPACEBAR. “Jika ada diantara karyawan SPACEBAR pribadi atau memiliki teman dan keluarga yang terindikasi menggunakan narkoba, kami sarankan agar segera melaporkan diri ke IPWL. Dengan melaporkan diri, pengguna atau pecandu akan disembuhkan dengan cara direhabilitasi bukan dipenjara”, jelasnya dihadapan karyawan SPACEBAR.

Sumantri juga menegaskan bahwa pecandu narkoba yang tertangkap baik oleh pihak Kepolisian maupun penyidik BNN tetap akan diproses melalu jalur hukum dengan didampingi oleh tim asessmen hukum dan medis BNN. Apabila pecandu adalah murni pengguna bukan termasuk dalam jaringan pengedar, makan tim asessmen BNN akan mengupayakan agar si pengguna segera direhabilitasi bukan dipenjara. “BNN melihat bahwa pecandu adalah korban yang harus disembuhkan, bukan residivis pelaku kriminal yang harus dihukum pidana bertahun-tahun. Dengan dipenjara, korban narkoba tidak akan sembuh, justru sebaliknya dikhawatikan akan terlibat transaksi narkoba didalam lapas dan bergabung dalam jaringan sindikat narkoba”, tegas Sumantri.

Berbeda halnya dengan pengguna yang ditangkap, pengguna narkoba yang melaporkan diri secara sukarela ke IPWL akan terbebas dari proses hukum. Begitu terdaftar, pecandu narkoba akan segera dirujuk ke Rumah Sakit atau Balai Rehabilitasi terdekat untuk melanjutkan proses penyembuhan hingga proses pemulihan agar tidak kembali mengkonsumsi narkoba.

Manager SPACEBAR, Asrul mengungkapkan bahwa karyawan dan karyawatinya sebelum dipekerjakan telah mengikuti serangkaian tes yang termasuk salah satunya adalah tes kesehatan disalah satu laboraturium ternama di Kota Palu.
“Setiap Karyawan kami sudah mengikuti prosedur tes kesehatan sebelum mereka menandatangani kontrak kerja. Calon karyawan yang terindikasi menggunakan narkoba tidak akan kami terima bekerja di sini”, ungkap Asrul dihadapan Kepala BNN Kota Palu.

Asrul menambahkan bahwa Karyawan dan karyawati SPACEBAR harus bersih narkoba, sebab kami pihak SPACEBAR tidak ingin karyawan kami menimbulkan masalah baik di dalam lingkungan SPACEBAR maupun diluar. (Sn/HumasBNNKotaPalu)