PELAJAR KOTA PALU PERLU MENDAPATKAN SOSIALIASI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA




Palu- Pengguna Narkoba didominasi oleh kalangan generasi muda. Oleh karena itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu memprioritaskan pencegahan bahaya Narkoba pada tingkatan ini secara lebih dini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kepala BNN Kota Palu AKBP Sumantri Sudirman, SH., melalui Tim Penyuluh Pencegahan, Pelman, S.Sos mengungkapkan, bahaya Narkoba perlu dicegahan sejak dini. "Pengguna Narkoba sebagian besar adalah usia produktif, maka itulah perlunya sosilisasi sejak dini terhadap generasi muda baik secara formal maupun informal. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan, pentingnya bahaya narkoba, serta upaya-upaya pencegahan berkembangnya pengguna narkoba di tengah masyarakat," pesannya di hadapan siswa-siswi SMP Negeri 18 Mamboro, Selasa (12/08) yang berjumlah kurang lebih 60 orang tersebut. 

Salah satu contohnya, sosialisasi pada tingkat pelajar. "Narkoba itu sulit diberantas secara mutlak. Namun kita berupaya melakukan pembinaan dasar bahaya narkoba, salah satunya pengenalan bahaya Narkoba ke kalangan pelajar, SD, SMP maupun SMU. Sebab, mereka inilah yang dianggap produktif sebagai pengguna. Tak hanya pelajar, elemen lainpun akan menjadi tujuan pencegahan dan pemberantasan Narkoba, seperti PNS, TNI, POLRI dan lainnya," terang Pelman lagi.

Dilain kesempatan, Kepala BNN Kota Palu, AKBP Sumantri Sudirman, SH., juga selalu menegaskan, bahwa pencegahan dan pemberantasan narkoba tak hanya tugas BNN. "Narkoba adalah bahaya laten. Kapanpun dan dimanapun, pemberantasan dan pencegahan penggunaan Narkoba butuh waktu. Tak hanya menjadi tugas BNN, tapi seluruh lapisan masyarakat harus aktif, terutama orang tua untuk bisa mengawasi anak-anaknya, jangan sampai terjerumus. Bahaya Narkoba adalah tugas kita bersama." (Sn/HumasBNNKPalu)