Memastikan Keselamatan Pemudik, BNN Kota Palu Melaksanakan Tes Urin Pada Supir Bus AKAP


Palu- Kepala BNN Kota Palu AKBP Sumantri Sudirman berinisiatif untuk menggandeng kegiatan Dinas Pehubungan, Dinas Kesehatan, POLRI, dan PEMKOT Palu dalam kegiatan pelepasan pemudik tahun 2014 pada, rabu (23/07) di terminal Mamboro.

Pelepasan pemudik yang secara simbolis dipimpin langsung oleh Walikota Palu H. Rusdy Mastura ini disertai dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pembagian obat gratis oleh Dinas Kesehatan. Pada kesempatan tersebut, BNN Kota Palu juga berpartisipasi dalam memberikan tes urine gratis khusus untuk para sopir bus Antar Kota Antar Provinsi atau yang sering disebut sebagai bus AKAP.

Tes urin pada sopir bus AKAP ini dirasa penting untuk memastikan bahwa para sopir terbebas dari pengaruh obat-obatan terlarang yang akan berdampak negatif bagi keselamatan diri dan penumpang."Masa mudik ini, para sopir pasti kelelahan karena jumlah pemudik yang meningkat. Kami menghawatirkan para sopir nekat menggunakan obat terlarang untuk menunjang kondisi fisik yang menurun. Bukannya memberikan efek positif pada tubuh, justru sebaliknya akan membahayakan keselamatan pengendara dan penumpangnya", jelas AKBP Sumantri Sudirman,SH., dihadapan para sopir dan penumpang di terminal Mamboro pagi itu.

Sebanyak 25 orang sopir bus AKAP yang ikut serta dalam kegiatan tes urin tersebut, semuanya dinyatakan negatif dalam penggunaan obat terlarang. "Saya pribadi sangat mendukung kegiatan tes urin yang dilaksanakan oleh BNN Kota Palu seperti yang dilaksanakan hari ini. Narkoba merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kejahatan dan kecelakaan, terutama di momen padat H-7 Hari Raya", ujar H. Rusdy Mastura disela-sela kepadatan terminal mamboro. (Sn/HumasBNNKPalu)