LINDUNGI PENYANYI JALANAN DARI PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Palu-- BNN Kota Palu selalu berupaya memberikan sosialisasi P4GN yang tepat sasaran yaitu kepada individu maupun kelompok yang memiliki peluang besar untuk terlibat dalam penyalagunaan narkoba. Salah satunya pada anggota Komunitas Penyanyi Jalanan Kota Palu. 

Sosialisasi yang di pimpin langsung oleh Kepala BNN Kota Palu AKBP Sumantri Sudirman,SH., pada malam hari, Kamis (21/08) berlokasi di pantai Talise. Sejumlah penyanyi jalanan di koordinir oleh senior penyanyi jalanan yang akrab disapa Tompel dan Petrus, dengan antusias mendengarkan pemaparan dari Sumantri Sudirman, SH., mengenai penyalahgunaan narkoba dan rehabilitasi. 

"Pemahaman tentang penyalahgunaan narkoba dan upaya penyembuhan bagi mereka yang telah menjadi pecandu narkoba dilingkungan jalanan ini sangat krusial. Mereka sangat dekat dengan dunia narkoba, terutama yang tergolong dalam Bahan Adiktif," Papar Sumantri. 

Selain itu, pemahaman anak jalanan mengenai rehabilitasi dan IPWL juga masih sangat minim. Mereka masih takut untuk melaporkan diri secara sukarela karena dibayang-bayangi penjara sebagai persinggahan mereka apabila diketahui sebagai pecandu.

Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang No.35 Tahun 2009, ps. 54 - 55 ;

Pasal 54
Pecandu Narkotika dan korban penyalahgunaan Narkotika
wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Pasal 55
(1) Orang tua atau wali dari Pecandu Narkotika yang belum cukup umur wajib melaporkan kepada pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, dan/atau lembaga rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk mendapatkan pengobatan dan/atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.
(2) Pecandu Narkotika yang sudah cukup umur wajib melaporkan diri atau dilaporkan oleh keluarganya kepada pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, dan/atau lembaga rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk mendapatkan pengobatan dan/atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Oleh karena itu, siapapun yang telah terindikasi sebagai pecandu, diharapkan dapat secara sukarela melaporkan diri ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang ada di wilayah Kota Palu, yaitu RS.Undata, RS Madani, RS. Anutapura, RS. Bhayangkara dan BNN Provinsi maupun BNN Kota Palu. Tidak perlu takut, sebab hak anda untuk disembuhkan dengan cara direhabilitasi sudah dijamin dalam Undang-Undang serta Peraturan Bersama Instansi dan Lembaga Negara terkait, pesan Kepala BNN Kota Palu dihadapan para penyanyi jalanan malam itu. (Sn/HumasBNNKotaPalu)